Syarat dan Ketentuan Penggunaan Semar (Terms and Conditions)


  1. DEFINISI
    1. Semar adalah aplikasi pembayaran dan/ atau pembelian berbagai layanan Biller secara elektronik dengan menggunakan Uang Elektronik SpeedCash.
    2. PT Bimasakti Multi Sinergi adalah penerbit uang elektronik SpeedCash, serta pemegang hak milik dan pengelola sistem pembayaran elektronik Aplikasi Semar.
    3. Pengguna Semar adalah orang perorangan atau badan hukum, dan telah melakukan registrasi akun Semar melalui aplikasi Semar yang telah di Download melalui Google Play Store dan/ atau melalui website Semar.
    4. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Pengguna Semar setiap kali melakukan Transaksi pada Aplikasi/ Akun Semar miliknya.
    5. Top Up Saldo adalah aktivitas menambah/ memasukkan/ mengisi deposit Uang Elektronik SpeedCash pada Aplikasi/ Akun Semar melalui beberapa metode antara lain, transfer bank, transfer sesama Pengguna Semar, transfer melalui Virtual Account (VA), top up via gerai ritel (minimarket), atau pun melalui media lain yang disediakan PT Bimasakti Multi Sinergi.
    6. Virtual Account adalah nomor identifikasi Pengguna Semar yang dibuka oleh Bank pada saat mendaftar layanan Semar, untuk dipergunakan Top Up Uang Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun Semar.
    7. Broadcast Message adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dikirimkan oleh sistem Semar secara otomatis ke Pengguna Semar yang hanya memuat penawaran - penawaran promo dan iklan berikut link Saluran Resmi Semar (website resmi Semar), tanpa memuat permintaan data pribadi dan data login (Nomor handphone, PIN dan OTP) aplikasi milik pengguna Semar.
    8. Transaksi adalah transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Semar menggunakan Akun Semar miliknya antara lain: Pembayaran, Transfer dan Tarik Tunai, TOP-UP E-money, Pembayaran Tagihan Bulanan (manual/auto debit), Pembelian pulsa, Paket Data & Voucher Game, Pembelian Tiket Transportasi, Pengiriman Barang, Penjualan Barang dan transaksi lain sesuai Ketentuan Penggunaan Aplikasi Semar yang diatur dalam Terms & Conditions ini.
    9. Ketentuan Penggunaan adalah Ketentuan Penggunaan Aplikasi Semar  milik PT Bimasakti Multi Sinergi yang diatur selanjutnya dalam Terms & Conditions ini.

 

  1. REGISTRASI Semar
    1. Setiap orang dapat mendaftarkan diri menjadi Pengguna Semar dapat memperoleh Akun Semar dengan cara mengunduh (download) aplikasi Semar melalui google playstore menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android, melalui Website Resmi Semar, kemudian melakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nama, nomor handphone, dan alamat email pada aplikasi Pengguna Semar.
    2. Registrasi Akun Semar hanya dapat dilakukan melalui Saluran Resmi Semar sebagaimana dimaksud poin 1. Registrasi yang dilakukan diluar Saluran Resmi Semar bukan merupakan tanggung jawab PT Bimasakti Multi Sinergi.
    3. Untuk menggunakan fitur payment pada Aplikasi Semar, Pengguna Semar harus terlebih dahulu melakukan Top Up Uang Elektronik/ Saldo SpeedCash pada Aplikasi/ Akun Semar, melalui transfer ke rekening bank yang tampil pada aplikasi, transfer sesama Pengguna Semar, Virtual Account (VA), top up via gerai ritel (minimarket) atau sarana pembayaran lain yang ditentukan oleh Semar.

 

  1. KETENTUAN PENGGUNAAN
    1. Pengguna Semar wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik sendiri, dan Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna Semar sepenuhnya.
    2. Setiap Pengguna Semar  dapat melakukan penggantian nomor ponsel yang terdaftar pada akun Semar miliknya dengan tata cara sebagaimana yang telah diatur dalam Standar Operasional Prosedur Semar yang disampaikan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi kepada Pengguna Semar melalui Saluran Resmi Semar.
    3. Penggantian nomor ponsel hanya dapat dilakukan setelah PT Bimasakti Multi Sinergi melakukan proses verifikasi terhadap data - data pemohon, dan apabila PT Bimasakti Multi Sinergi menemukan ketidaksesuaian data yang diperlukan terkait dengan penggantian nomor ponsel, maka PT Bimasakti Multi Sinergi berhak menolak permohonan tersebut.
    4. Segala permohonan, verifikasi dan persetujuan penggantian nomor ponsel hanya boleh dilakukan melalui Saluran Resmi Semar.
    5. Pengguna Semar bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel yang terdaftar dan segala aktivitas transaksi pada akun Semar miliknya.
    6. Pengguna Semar wajib melakukan peningkatan versi (update) aplikasi Semar.
    7. Setiap kegagalan transaksi dan/atau kegagalan fungsi fitur dan/atau kerentanan keamanan akun member Semar yang timbul atas penggunaan aplikasi yang belum dilakukan peningkatan versi aplikasi (update) bukan merupakan tanggung jawab PT Bimasakti Multi Sinergi
    8. PT Bimasakti Multi Sinergi dan segala pihak yang terafiliasi dengannya tidak pernah mengirimkan permintaan PIN dan/atau OTP milik Pengguna Semar baik secara tertulis maupun secara lisan baik melalui Saluran Resmi Semar atau media lain.
    9. Pengguna Semar wajib menjaga kerahasiaan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN dan OTP miliknya.
    10. Pengguna Semar akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi, dengan besaran biaya SMS sesuai dengan ketentuan masing - masing Operator Seluler.
    11. Dalam hal Pengguna Semar  kehilangan akses ke akun Semar miliknya, maka Pengguna Semar wajib mengajukan pengaduan PT Bimasakti Multi Sinergi melalui Saluran Resmi Semar dan akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran oleh PT Bimasakti Multi Sinergi terhadap akun Semar miliknya.
    12. Atas pengaduan yang diajukan, Pengguna Semar berhak mendapat tanda terima pengaduan dan informasi tindak lanjut atas pengaduan tersebut dari Saluran Resmi Semar  ke email Pengguna.
    13. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan hingga PT Bimasakti Multi Sinergi menerima pengajuan pembukaan pemblokiran atas akun Semar  melalui Saluran Resmi Semar dan telah melalui proses verifikasi ulang.
    14. Setiap Transaksi yang dilakukan pada Akun Semar  menjadi tanggung jawab Pengguna Semar sepenuhnya, sepanjang PT Bimasakti Multi Sinergi belum menerima laporan dari Pengguna Semar sebagaimana dimaksud pada poin 11 (sebelas).
    15. Dalam hal terjadi perbedaan antara Laporan Transaksi dan Laporan Mutasi pada Aplikasi Semar miliknya, maka yang menjadi acuan transaksi adalah Laporan Mutasi.
    16. Pengguna Semar wajib melakukan Verifikasi dalam terjadi perbedaan sebagaimana disebutkan pada poin 14 dengan cara menghubungi Saluran Resmi Semar.
    17. PT Bimasakti Multi Sinergi berhak melakukan koreksi atas Uang Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun Semar jika terjadi kesalahan posting (pencatatan).
    18. Pengguna Semar dapat mengajukan permohonan penutupan akun Semar miliknya melalui Saluran Resmi Semar dan PT Bimasakti Multi Sinergi berhak mengabulkan atau menolak permohonan tersebut berdasarkan hasil verifikasi. Selama PT Bimasakti Multi Sinergi tidak/belum menerima permohonan penutupan akun Semar dari Pengguna, maka segala transaksi yang terjadi atas akun tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna Semar sepenuhnya.
    19. PT Bimasakti Multi Sinergi akan mengembalikan sisa Uang Elektronik/Saldo SpeedCash pada Aplikasi/Akun Semar yang permohonan penutupannya telah dikabulkan ke nomor rekening yang ditunjuk oleh pemilik akun selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja.
    20. Pengguna Semar menyetujui dan memberikan hak kepada PT Bimasakti Multi Sinergi untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh ponsel dan/atau yang digunakan Pengguna Semar serta berhak untuk menginformasikan nama, ID Akun Semar, dan/atau data Transaksi Pengguna Semar kepada pihak lain yang terkait dengan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Semar.
    21. Dengan membuka dan menggunakan Semar, maka Pengguna Semar tunduk dan menyetujui Ketentuan ini dan ketentuan lainnya yang mengatur mengenai Transaksi. PT Bimasakti Multi Sinergi berhak untuk mengubah Ketentuan ini dan ketentuan terkait Transaksi yang akan diberitahukan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

 

  1. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)
    1. Keluhan/pengaduan kepada PT Bimasakti Multi Sinergi terkait Aplikasi Semar hanya dapat diajukan oleh Pengguna Semar melalui Saluran Resmi Semar milik PT Bimasakti Multi Sinergi sebagaimana yang tertera dalam ketentuan ini, dan untuk penanganan keluhan/pengaduan tersebut, PT Bimasakti Multi Sinergi berhak meminta Pengguna Semar untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna Semar dan dokumen pendukung lainnya.
    2. PT Bimasakti Multi Sinergi akan menanggapi keluhan Pengguna Semar sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

 

  1. PENYELESAIAN SENGKETA
    1. Pengguna Semar setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan ini antara Pengguna Semar dengan PT Bimasakti Multi Sinergi akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
    2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan, baik secara musyawarah dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Sidoarjo, dengan tidak mengurangi hak PT Bimasakti Multi Sinergi untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

 

Hak Cipta 2024 - PT BPR Bank Rembang (Perseroda).